JATIMNET.COM, Adelaide – Balapan Tour Down Under menandai resminya musim 2019. Sebanyak 18 tim telah melakukan prsentasi di Adelaide, Australia Sabtu 12 Januari malam waktu setempat.

Tiga pebalap, Peter Sagan, Richie Porte dan Mat Hayman paling banyak mendapat sorotan.

Sagan merupakan pebalap yang sanggup merebut tiga gelar juara dunia tiga kali berturut-turut. Adapun Porte berambisi merebut gelar pada Tour Down Under tahun ini.

Hayman, memang tidak sepopuler pebalap lain, namun posisinya sebagai domestique memberi peran besar di setiap tim yang dibelanya.

BACA JUGA: Team Sky Bubar Di Akhir Musim 2019

Balapan yang akan menempuh 908,8 kilometer ini akan dimulai dengan People's Choice Classic di Adelaide sepanjang 51 km, Minggu 13 Januari 2019.

Dikutip dari cyclingnews.com, Sagan menjadikan ajang Tour Down Under ini sebagai pemanasan sebelum mengikuti Vuelta a San Juan dan balapan di Eropa.

Porte membuat debut WorldTour-nya bersama Trek-Segafredo dan tengah mengincar kemenangan di Willunga Hill. Pebalap tuan rumah itu juga berharap bisa menambah kemenangan yang pernah direbutnya pada 2017.

“Tour Down Under selalu menjadi tujuan saya di awal musim dan merupakan favorit balapan di Adelaide setiap Januari," kata Porte, seperti dikutip Sky Sport, Sabtu 12 Januari 2019.

BACA JUGA: Gaviria Tantang Sagan Dan Cavendish

Sebelumnya Porte merebut gelar Tour Down Under bersama BMC Racing tahun 2017. Kali ini dia berseragam Trek-Segafredo dan berambisi mengulang prestasi dua tahun silam.

Juara bertahan Daryl Impey kembali juga ambil bagian bersama timnya, Mitchelton-Scott. Dia bakal didampingi Luke Durbridge dan Mat Hayman, yang akan memasuki masa pensiun.

Terlihat pula juara nasional Italia Elia Viviani (Deceuninck-QuickStep) akan menjadi favorit pada People's Choice Classic. Bukan pekerjaan mudah baginya lantaran tantangan dari Caleb Ewan (Lotto Soudal) dan Phil Bauhaus (Bahrain- Merida) cukup berat.

Bintang-bintang lain yang memulai balapan di Australia diantaranya Rohan Dennis, Domenico Pozzovivo (Bahrain-Merida), Luke Rowe, Wout Poels (Team Sky), Nathan Haas (Katusha-Alpecin), Michael Valgren (Data Dimensi) dan Pierre Latour (AG2R La Mondiale).