JATIMNET.COM, Banyuwangi - Satu jadwal penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Surabaya ke Banyuwangi mengalami delay atau penundaan karena landasan pacu Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo terkelupas, Kamis 7 Februari 2019.   

Manajer Maintenance and Facility PT Angkasa Pura (AP) II Banyuwangi, Andry Lesmana mengatakan penundaan lepas landas karena efek penutupan landasan pacu Bandara Juanda dari pukul 9.00 WIB sampai 12.00 WIB.

BACA JUGA: Landasan Pacu Rusak, Juanda Ditutup Hingga Pukul 12.00 WIB

Sesuai jadwal, pesawat GA7304 itu harusnya berangkat pukul 11.35 WIB, namun ditunda hingga landasan Bandara Juanda selesai diperbaiki dan mendapatkan giliran take off.

Meskipun Bandara Djuanda telah dibuka pukul 12.00 WIB, belum diketahui jam berapa Garuda Indonesia Surabaya-Banyuwangi diberangkatkan.

"Pesawat yang akan operasi pasti antri, jadi setelah Bandara Juanda dibuka masih harus menunggu giliran," kata Andry melalui sambungan seluler.

Sedianya pesawat itu membawa 53 orang penumpang dari Surabaya ke Banyuwangi. Setelahnya, pewsat tersebut akan menerbangkan 50 orang penumpang ke Surabaya. Sedangkan waktu delay penerbangan dari Banyuwangi ke Surabaya sudah ditetapkan, yakni dari 13.15 WIB menjadi 16.25 WIB.

BACA JUGA: Bandara Juanda Layani 620 Ribu Penumpang

Kerusakan itu tidak sampai membuat pesawat dialihkan mendarat di Bandara Banyuwangi. Sebelumnya memang dimungkinkan dilakukan divert atau peralihan pendaratan, terutama ke Bandara Internasional Ngurah Rai, bila penutupan Bandara Djuanda berlanjut.

"Kita siap jadi alternatif untuk tujuan peralihan pendaratan pesawat kecil. Namun hari ini tidak sampai membutuhkan divert ke Banyuwangi," kata Andry.