Zulkiflie

Minggu, 24 Maret 2019 - 11:51

JATIMNET.COM, Probolinggo – Beredarnya video wisatawan asing yang berseteru dengan petugas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) mengundang keprihatinan aparat penegak hukum.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto kepada Jatimnet.com mengatakan sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya menjaga keamanan kawasan wisata Gunung Bromo yang masuk wilayah hukumnya.

“Kami mengimbau kepada seluruh pengunjung agar mematuhi zona aman berwisata di Bromo. Tujuannya untuk menjaga keselamatan,” katanya, Minggu 24 Maret 2019.

Setelah terjadi aksi dorong antara wisatawan asing dengan petugas BB TNBTS, Jumat 22 Maret 2019 lalu, aparat kepolisian akan meningkatkan patroli pengamanan di sekitar zona Gunung Bromo.

BACA JUGA: Turis Jerman Lawan Petugas TNBTS Naik ke Kawah Bromo

Dia menambahkan, sampai saat ini Gunung Bromo masih mengalami peningkatan aktivitas atau erupsi. Sehingga perlu pengawasan dan pemantauan untuk mengurangi risiko sekaligus menjaga keselamatan dalam radius satu kilometer dari kawah Bromo.

Sebelumnya pihak BB TNBTS telah mengambil langkah strategis guna menghindari peristiwa serupa. Melalui Kepala BB TNBTS, Jhon Kennedie pihaknya mengeluarkan lima kebijakan dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.com, Sabtu 23 Maret 2019.

Poin pertama, mengoptimalkan titik pengamanan sebelum zona berbahaya atau radius satu kilometer dari kawah aktif Gunung Bromo dengan menghalau setiap pengunjung yang akan mendekati kawah aktif.

BACA JUGA: Bromo Terus Erupsi, Petani Tengger Cemaskan Lahan Pertanian

Kedua, mengoptimalkan jumlah personil pengamanan, berkoordinasi dengan TNI, Polri, Pelaku Jasa Wisata, BPBD dan pemerintah desa untuk membantu melakukan pengamanan.

Adapun poin ketiga memanfaatkan media informasi, seperti spanduk atau baliho, mengenai kondisi Gunung Bromo, agar dipahami pengunjung mengenai bahaya mendekati kawah aktif.

Melakukan pendekatan persuasif dan edukatif kepada semua pengunjung, agar menyadari situasi dan kondisi gunung berapi. Poin terakhir memberikan kesempatan pada pengunjung untuk tetap menikmati eksotika Bromo, di lokasi yang telah ditentukan dan lebih aman.

Baca Juga

loading...