JATIMNET.COM, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Soekarwo menargetkan angka partisipasi pemilih sebesar 80 persen untuk Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif 2019. Untuk mendukung hal tersebut, Soekarwo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk terus mengintensifkan sosialisasi Pileg dan Pilpres.

“Target kami angka partisipasinya bisa lebih dari 80 persen yang menggunakan hak suaranya,” ujar Pakde Karwo, sapaannya saat dijumpai usai Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jatim Tahun 2018 di Grand City, Selasa 6 November 2018.

Berdasarkan data KPU Jatim pada penyelenggaraan Pilpres dan Pileg Tahun 2019 mendatang, terdapat 30.554.761 pemilih. Rinciannya 15.043.257 pemilih pria, dan 15.511.504 calon pemilih wanita. Sementara jumlah DPT di Jatim merupakan 16,45 persen dari total DPT nasional yang mencapai 185.732.093.

Adapun jumlah TPS di Jatim mencapai 129.991 TPS yang tersebar di 38 kabupaten/ kota, 666 kecamatan, dan 8.497 kelurahan/ desa.

Lebih lanjut, Pakde Karwo juga meminta agar tiga pilar yang terdiri dari unsur pemerintahan, TNI, Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat, di tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga kecamatan untuk menjaga dan memerkuat stabilitas keamanan. 

Stabilitas Jatim menjadi penting karena provinsi paling ujung Pulau Jawa ini jadi pusat logistik dan konektivitas perdagangan nasional, khususnya di Indonesia bagian timur. Sehingga, bila stabilitas keamanan terganggu, maka perekonomian Indonesia bagian timur ikut terdampak. 

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengaku siap memenuhi target partisipasi pemilih hingga 80 persen. Apalagi dari pengamatan selama ini, ada tren peningkatan angka partisipasi pemilih tiap digelar pemilu. KPU Pusat sendiri sudah menargetkan angka partisipasi pemilih di Jawa Timur sebesar 77,5 persen.

“Asalkan seluruh stakeholder ikut berperan aktif untuk memenuhi target tersebut,” katanya. 

Oleh karena itu, pihaknya akan mengintensifkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat terkait pilpres dan pileg yang dilaksanakan serentak pada April 2019 mendatang.