Ini Ragam Soto Nusantara

Nani Mashita

Jumat, 22 Maret 2019 - 17:40

JATIMNET.COM, Surabaya - Indonesia terkenal akan kekayaan kulinernya dengan rasa bumbu yang kuat serta citarasa yang unik. Tidak terikat oleh lokasi wilayah, sebuah menu yang sama bisa memiliki citarasa yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Salah satunya adalah Soto. Sejumlah daerah di nusantara memiliki menu ini. Namun racikan bumbu serta rasanya memiliki kekhasannya masing-masing.

Berikut ragam soto yang dikenal di Indonesia.

1. Soto Bandung

Soto ini memiliki tampilan yang menyegarkan, berkuah bening, dengan irisan lobak. Soto ini juga terasa renyah karena ada kacang kedelai yang ditaburkan di atasnya.

Bumbu yang digunakan untuk membuat Soto Bandung  memang lebih sederhana dibandingkan soto lain. Kuliner satu ini makin maknyuss dengan sambal super pedas.

BACA JUGA: Suguhan Menu 'Cinta' Grand Dafam Surabaya di Hari Valentine
 
2. Soto Madura

Pulau Madura juga dikenal dengan kuliner soto. Tampilannya keruh tapi bukan karena pemakaian santan, melainkan kemiri.

Soal isi dari soto, sama seperti umumnya yaitu kol, telur, kentang, dan ayam, daging sapi atau jerohan. Makan Soto Madura lebih enak dengan keringan tempe dan sayur taoco.

3. Soto Ambengan

Soto satu ini terkenal dengan penggunaan koya, yaitu kerupuk udang dan bawang goreng garing yang dihaluskan.
 
Pencampuran koya ini menjadikan Soto Ambengan punya cita rasa yang nikmat.   

BACA JUGA: Makanan Khas Yang Wajib Disantap Saat Berkunjung ke Surabaya

4. Soto Bangkong

Kuliner khas Semarang ini punya ciri khas kuahnya bening kecokelatan karena penggunaan kecap. Dalam satu mangkok, soto breisi suwiran daging ayam, irisan tomat, bihun, tauge, taburan bawang putih dan merah.

Disajikan daam mangkuk kecil tinggi, Soto Bangkong bisa dinikmati dengan sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tahu, perkedel dan sate ayam.

5. Soto Banjar

Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan punya kekhasan dengan penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh.

Soto Banjar berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.

BACA JUGA: Nasi Krawu, Kuliner Khas Gresik yang Naik Kelas 

6. Coto Makassar

Kuliner satu ini memiliki keragaman rempah dalam bumbunya. Seperti penggunaan kacang, kemiri, cengkeh, pala, serei yang ditumbuk halus.  
 
Yang menarik, tiap penjual coto memiliki standar  racikan bumbu. Tapi pada dasarnya, Coto Makassar berisi daging sapi dan jerohan, biasanya dimasak dengan cara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar.

7. Soto Padang

Soto Padang hampir sama dengan soto dari daerah lain. Namun perbedaannya adalah potongan daging sapinya digoreng hingga kering, sebelum disajikan bersama kuah dan isian lainnya. Soto ini juga dilengkapi dengan soun dan perkedel kentang.

Menyantap soto ini tanpa tanpa tambahan sambal merah khas Padang serasa tak lengkap. Biasanya soto ini dinikmati bersama kerupuk berwarna pink cerah atau kerupuk kulit sapi. Lezat kan? 

Baca Juga

loading...