JATIMNET.COM, Surabaya – Tiga harimau Sumatera milik Kebun Binatang Surabaya merayakan ulang tahun yang ke-16 pada Minggu 30 September 2018. Anak pasangan Ujang dan Merry ini juga mendapatkan hadiah berupa daging yang diletakkan dalam sebuah kotak kardus yang diberi pita.

Tiga harimau itu bernama Rana, Rara dan Rowi yang diberi julukan Tiga Dara. Perayaan dilakukan secara meriah. Pihak Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) menghias areal di depan kandang harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) itu.

Jalan di depan kandang dibuat hiasan seperti gapura dengan hiasan kain putih dengan bunga-bunga di sekelilingnya. Juga ada tempat untuk selfie dengan tiga boneka harimau besar di depannya. Di seberang kandang, disediakan tiga gubuk berisi menu nasi pecel dan nasi campur. Tamu undangannya adalah para pengunjung dan mitra KBS. Sudah seperti ulang tahun anak usia 16 tahun beneran.

Setelah menunggu beberapa waktu, perayaan ulang tahun Tiga Dara yang lahir pada 25 September 2018 dimulai. Serangkaian sambutan ditutup dengan pengiriman kado bagi ketiganya yaitu berupa daging sapi seberat 2 kilogram.

Kadonya pun imut, kotak kado dibalut dengan pita warna cokelat muda. Lucu sekali. Penyerahan kado tentu bukan diserahkan langsung kepada sang harimau, tetapi diantar menggunakan tali menuju ke tengah-tengah kandang oleh sang keeper.

Tiga harimau yang tengah leyeh-leyeh di tengah kandang awalnya tidak menyadari kedatangan kado tersebut. Rara-lah yang pertama kali berdiri dan memeriksa isi kado tersebut dan langsung lahap memakan daging segar. Melihat Rara mendapat bonus daging, Rana dan Rowi pun berdiri dan ikut-ikutan makan. Kenyang, ketiganya kembali beristirahat di bawah pohon yang rindang.

Para pengunjung pun gembira. Salah satunya Maureen, gadis yang baru kelas 2 SD itu senang bukan kepalang melihat polah ketiga harimau tersebut. “Itu Rara yang duluan makan, yang dua lainnya diam. Pas tahu ada daging baru ikutan makan, tapi udah dimakan banyak sama Rara,” celotehnya.

“Harimau nggak suka makan sayuran sama buah-buahan, karena ternyata karnivora,” ujar Maureen saat ditanya arti hewan karnivora. Ia sendiri baru tahu istilah itu saat sesi keeper talk.

Direktur PDTS KBS, Khoirul Anwar mengatakan perayaan ulang tahun Tiga Dara ini untuk mengedukasi kepada para pengunjung pada khususnya dan masyarakat pecinta satwa tentang satwa harimau. Edukasi yang diberikan terkait fase-fase perjalanan hidup seekor harimau seperti apa.

Perayaan ini sekaligus jadi momen meluruskan segala bentuk berita tetang masalah profil harimau yang ada di KBS.  “Bahwa seluruh harimau di KBS dalam kondisi sehat tanpa ada kekurangan apapun, termasuk nutrisi semua terpenuhi. Dan mereka bisa bebas hidup di lingkungan dan kandang baru yang kita revitalisasi,” kata Khoirul di depan kandang harimau.